Function pada Pemrograman Python


Di perkuliahan semester kedua, saya mendapatkan mata kuliah pemrograman Python. Pemrograman Python memakai bahasa pemrograman yang bisa dibilang sederhana, jauh lebih sederhana dari Java dan C++. Karena kemudahannya dipelajari oleh orang yang amatir, maka Python disukai oleh mahasiswa. Di sini saya akan membagi pengetahuan saya yang masih sedikit ini untuk teman-teman yang baru belajar pemrograman, karena saya merasakan sulitnya mencari sumber inspirasi pemrograman berbahasa Indonesia yang bersifat dasar. Kebanyakan buku pemrograman yang beredar di pasar Indonesia adalah buku “program langsung jadi” yang tentu saja akan membuat bingung orang yang tidak mengetahui dasar-dasar pemrograman, termasuk sebelumnya adalah saya T_T

Di sini saya akan share mengenai fungsi pada Python (atau di Java disebut method) yang sederhana. Program ini bisa dikembangkan lebih luas lagi seiring meluasnya pengetahuan pengguna mengenai Python. Mungkin di Indonesia, Python belum banyak dikenal orang, tapi bahasa yang satu ini sangat bagus dan sederhana sebagai bahasa untuk memulai belajar pemrograman.

SOURCE CODE :


OUTPUT :

Pada Python IDLE, tekan F5, maka akan muncul Python Shell. Untuk menjalankan program di atas, harus mengetik main() terlebih dahulu.

 

Kode  di atas adalah kode program kasir sangat sederhana yang dapat digunakan sebagai percobaan atau latihan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

